Karnaval di Kecamatan Sumpiuh

Karnaval di Kecamatan Sumpiuh

Karnaval Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas dalam rangka Peringatan Hari Kemerdekaan ke 78 Republik Indonesia pada hari Sabtu tanggal 19 Agustus 2023, menampilkan berbagai kreasi dari masyarakat desa yang berada di wilayah Kecamatan sumpiuh.

Desa Banjarpanepen sebagai salah satu peserta, menampilkan Kreasi masyarakat yang cukup luar biasa dengan pengambilan tema Seni dan Budaya. Masyarakat bergotong royong untuk memberikan yang terbaik, kreasi yang ditampilkan diantaranya Pembuatan Replika Burung Garuda sebagai lambang Negara menggambarkan rasa cinta masyarakat desa kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, replika ini dibuat dengan menggunakan daun Kelapa kering (Klari) dan menghabiskan sekitar 150 batang daun kelapa yang dikumpulkan oleh warga masyarakat, Replika Harimau sebagai simbol pelestarian alam mengikat sebagian masyarakat Desa Banjarpanepen bermukim di sekitar kawasan hutan milik Perhutani, Replika Lengger sebagai simbol bahwa masyarakat Desa Banjarpanepen masih menjunjung tinggi nilai-nilai adat dan budaya.

Dari penampilan itu Desa Banjarpanepen berhasil menjadi juara pertama tingkat Kecamatan Sumpiuh. Pemerintah Desa Banjarpanepen berharap mudah-mudahan dari kreasi-kreasi masyarakat ini nantinya bisa terus menumbuhkan rasa persatuan, persaudaraan antar masyarakat sehingga bisa mempercepat tumbuh kembang pembangunan desa baik pembangunan fisik (Infrastruktur) maupun pembangunan Non fisik (pemberdayaan Masyarakat). 

 

Related Posts

Komentar