Posyandu Remaja Banjarpanepen Bersama KKN Unsoed 2023

Posyandu Remaja Banjarpanepen Bersama KKN Unsoed 2023

Posyandu remaja desa Banjarpanepen menjadi kegiatan rutin desa yang ditargetkan oleh tim KKN Desa Banjarpanepen Universitas Jenderal Soedirman untuk diikuti. Posyandu remaja di Desa Banjarpanepen pada kali ini diselenggarakan pada Sabtu 5 Agustus 2023 dengan tujuan memberikan edukasi kepada remaja seputar kesehatan oleh tenaga kesehatan. Untuk itu kegiatan ini telah melibatkan pihak-pihak terkait, beberapa diantaranya adalah remaja desa Banjarpanepen dengan rentang usia 12-18 tahun sebagai subjek utama kegiatan, Puskesmas Sumpiuh II dan tim KKN Desa Banjarpanepen. Kegiatan yang diselenggarakan pukul 09.00 WIB bertempat di aula Balai Desa Banjarpanepen dilakukan dengan melakukan pendampingan pemeriksaan kesehatan untuk remaja yang hadir, yaitu sekitar dua puluh empat oleh Puskesmas Sumpiuh II.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan sambutan dari pihak-pihak terkait, yaitu Kepala Puskesmas Sumpiuh II, Kepala Desa Banjarpanepen, Ketua PKK Desa Banjarpanepen, dan Kormades KKN Unsoed periode Juli-Agustus 2023. Kegiatan dilanjutkan dengan penyuluhan pencegahan kehamilan remaja oleh perwakilan mahasiswa KKN. Pemilihan konten tersebut diberikan atas dasar mencegah terjadinya kehamilan remaja yang berisiko tinggi bagi ibu dan bayi yang dilahirkan. Penyuluhan diawali dengan penyamaan persepsi konsep remaja meliputi batasan usia, definisi, karakteristik khusus, serta perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada remaja. Materi penyuluhan dilanjutkan dengan definisi kehamilan, risiko, dampak, dan pencegahan kehamilan remaja. Tak hanya itu, disampaikan pula sosialisasi PUP (Pendewasaan Usia Perkawinan) yang disampaikan dengan tujuan memberikan pemahaman kepada remaja setempat akan pentingnya menunda usia perkawinan dan pernikahan dini. Penyampaian sosialisasi ini membara harapan agar para remaja dapat memaksimalkan masa mudanya untuk meningkatkan kemampuan, minat, dan bakat yang dimiliki.

Kegiatan diakhiri dengan pemeriksaan kesehatan pada remaja yang hadir. Pemeriksaan tersebut meliputi pengukuran berat badan, tinggi badan, dan pengukuran kadar gula darah. Tidak hanya itu perwakilan remaja juga diberikan pelatihan untuk melakukan administrasi pendaftaran dan pengecekan kadar gula darah. Dari apa yang dapat kami amati, peserta kegiatan terlihat senang dan antusias di setiap proses kegiatan pemeriksaan kesehatan. Hal tersebut disebabkan salah satunya oleh diadakannya waktu khusus untuk sesi tanya jawab seputar materi penyuluhan yang telah diberikan. Selain itu, sesi berbincang-bincang santai juga dilakukan untuk mencairkan dan mengakrabkan suasana antara penyelenggara dan peserta.                

  Seperti yang dapat kita lihat kegiatan posyandu remaja di desa Banjarpanepen sudah terlaksana dengan baik, salah satunya dilihat melalui kegiatan pemberian edukasi remaja seputar kesehatan pada 5 Agustus 2023 yang dilakukan dengan lancar dan penuh antusias. Posyandu remaja yang kita pahami sebagai kegiatan berbasis kesehatan masyarakat khusus remaja untuk memantau dan melibatkan mereka demi peningkatan kesehatan dan keterampilan hidup sehat secara berkesinambungan, memang kegiatan yang sudah seharusnya dilakukan secara rutin. Namun minimnya publikasi posyandu remaja pada saat ini menjadi problema utama yang seharusnya kita pecahkan. Sehingga, kami merasa publikasi kegiatan posyandu remaja sebaiknya dipublikasikan agar disediakannya wadah untuk mengkritisi, mengembangkan dan memperbaiki kualitas posyandu remaja di Indonesia. Dan salah satu langkahnya adalah mempublikasikan kegiatan rutin posyandu remaja di desa Banjarpanepen sebagai inisiasi rutin untuk nantinya dicontoh oleh desa-desa lain.

 

 

 

 

Related Posts

Komentar